Rabu, 20 Oktober 2010

❊ Leopard 10.5.2
  •   ☼  June 13th, 2008
Leopard 10.5.2
Beberapa pekan ini saya sibuk dengan mainan baru, sebuah sistem operasi yang bernama Hackintosh. Sistem operasi ini sejatinya merupakan karya hacker yang mencoba untuk memodifikasi sistem operasi Macintosh yang menjadi tulang punggung jajaran komputer buatan Apple, Inc. dapat berjalan di komputer PC IBM kompatibel atau PC yang tidak diproduksi oleh Apple.
Sebenarnya beberapa waktu yang lalu saya juga pernah mencoba mainan ini dan menuliskan hasilnya di blog ini, namun karena berbagai keterbatasan akhirnya hanya saya hapus dan saya ganti lagi dengan Windows XP. Pada waktu itu, Hackintosh yang saya pakai adalah Hackintosh Leopard yang dimasak oleh ToH dengan versi 10.5.
Pada waktu itu komputer masih menggunakan Pentium 4 dan menggunakan VGA on board sehingga tidak bisa menampilkan sensasi Macintosh Leopard yang seharusnya. Itu mungkin yang melatarbelakangi kemalasan saya untuk menggunakannya.
Sekarang ini, saya mencoba menggunakan release yang lebih baru yaitu versi 10.5.2 yang dimasak oleh Kalyway. Untuk mengakomodir kebutuhan perangkat keras dari Kalyway 10.5.2 saya terpaksa mengupgrade beberapa komponen PC seperti processor dan kartu VGA.
Proses instalasi berjalan mudah dan hanya memerlukan waktu kurang dari setengah jam untuk proses menyalin file dari DVD dan mengkonfigurasi sehingga Leopard dapat digunakan. Waktu booting yang diperlukan juga sangat cepat jika dibandingkan dengan Windows XP yang saya pakai. Hal ini mungkin berkaitan dengan file start up dan anti virus yang ada pada Windows XP saya.
Salah satu alasan saya mencoba Hackintosh dibandingkan dengan Linux adalah Microsoft Office. Sebagai pemakai MS Office, Hackintosh kompatible dengan MS Office karena selain dibuat untuk platform Windows, MS Office juga dibuat dalam platform Mac.
Alasan lain mungkin adalah tampilan sistem operasi Mac yang konon kabarnya sangat bagus yang menurut komentar-komentar yang saya baca di beberapa berita di internet, fitur-fitur antar muka dari Mac OS X banyak ditiru oleh Windows.
Saya belum begitu mengerti mengenai susunan sistem dan tentang bagaimana saya harus begini dan begitu apabila ada masalah karena mainan ini masih begitu baru untuk saya. Tidak seperti Windows yang apabila ada masalah saya dapat dengan segera memahami dan mencoba mencari solusi.
Perangkat lunak pihak ketiga juga tidak sebanyak yang dibuat oleh pengembang pada sistem operasi Windows, tapi yang pasti Opera 9.5 versi Mac sudah terunduh dan kemudian digunakan untuk menuliskan postingan ini :-)
Sebagaimana Mac terkenal oleh antar muka yang indah dan animatif, hal ini tentu saja memerlukan dukungan VGA yang mumpuni. Maka sangat disarankan untuk memakai VGA yang sudah mendukung untuk menjalankan Mac OS X dengan baik.

nama : cintya alfi 
kelas : 9F
http://wedhouz.net/leopard-1052.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar