Selasa, 21 September 2010

mouse



Mouse merupakan alat yang digunakan untuk memasukan data kedalam komputer dan juga untuk menjalankan perintah pada komputer selain dari papan ketik atau yang biasa di sebut dengan keyboard. alat ini di beri nama mouse karena bentuknya yang seperti tikus,yaitu dengan kabel yang menjulur kebelakang layaknya se ekor tikus.
Mouse ini dibuat pertama kali pada tahun 1963 oleh Douglas EngelBart yang pada mulanya mouse ini di buat dengan bahan berupa kayu dengan satu tombol. Dan seiring waktu berjalan tidak lama dari itu Douglas Engelbart membuat Versi kedua dari mouse yaitu dengan mempunyai tiga tombol.
Dan pada tahun 1970 douglas pun memperkenalkan kembali mouse versi terbarunya yaitu mouse yang bisa mengetahui posisi X-Y pada layar komputer. Mouse ini dikenal dengan nama X-Y position indicator(indikator posisi X dan Y)
Bentuk mouse pada umumnya adalah memiliki dua tombol,yaitu masing masing tombol berada di sebelah kiri,dan sebelah lagi berada di sebelah kanan. dan dengan fungsi atau perintah yang berbeda-beda. Walaupun kebanyakan dari mouse mempunyai dua tombol,tapi lain halnya dengan komputer berbasis machintos yang hanya menggunakan mouse dengan satu tombol.
mouse bekerja dengan cara menangkap gerakan dengan menggunakan bola yang bisa menyentuh permukan yang keras dan rata. tapi saat ini rata rata mouse tidak lagi menggunakan bola untuk bekerja, tapi sudah bisa menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan,selain itu bahkan sudah ada yang menggunakan teknologi nirkabel baik yang berbasis sinar radio,infra merah, maupun bluetooth


nama :rosa ria
kelas :9f
http://wanawan13.blogspot.com/2009/11/tetikusmouse.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar